Cara Membuat Kuis atau Ujian Online dengan Propof

Seiring dengan berkembangnya teknologi, serta semakin bergantungnya orang dengan internet, ada baiknya juga jika kini pembuatan kuis interaktif tidak lagi dengan menggunakan aplikasi itu-itu saja. Ya mungkin aplikasi itu sudah "klop" dengan si pembuat, namun ada baiknya jika mencoba hal baru. Dengan memanfatkan internet, kita bisa membuat kuis interaktif secara online. 
       
Lalu bagaimana cara menggunakan dan membuat kuis online? Banyak sekali referensi yang ditawarkan untuk membuat kuis interaktif online, GRATIS!!!!
Berikut adalah sedikit referensi untuk membuat kuis online :

 Quizme Online (http://www.quizmeonline.net/)
 Class Marker (http://www.classmarker.com/)
 Flubaroo (http://www.flubaroo.com/)
 Zoho Survey (http://survey.zoho.com)
 Quizdini (http://quizdini.com)
 Image Quiz (http://www.imagequiz.co.uk/)
 Socrative (www.socrative.com/)
 Infuse Learning (http://www.imagequiz.co.uk/)
 Quizlet (http://quizlet.com/)
 Pinnion (www.pinnion.com/)

Kita tentukan dahulu, kita ingin membuat kuis online melalui situs yang mana. Contohnya saja, kita pilih http://www.proprofs.com/ untuk membuat kuis interaktif tersebut. 
Langsung saja, berikut adalah cara membuat kuis interaktif secara online :
Pertama, kita tuliskan alamat diatas pada address bar browser, dan tunggu sebentar hingga muncul laman awal web proprofs.

Setelah muncul, kita klik Quizzes, menu paling kiri atas dari tampilan menu yang lain. Tunggu hingga muncul tampilan seperti berikut, lalu klik Try it Free , untuk memulai tanpa harus memilik akun proprofs.

Namun jika ingin mempunyai akun proprofs, klik Sign Up Free, terdapat di bagian kanan atas layar. Setelah klik Sign Up Free, tunggu sebentar. kita akan dibawa pada tampilan untuk kita mengisi borang pendaftaran GRATIS. Masukkan data sesuai yang diminta. 


Setelah kita isikan borang, kita pilih Start Creating My Quisses. Dan akan muncul tampilan seperti berikut, dan lalu kita pilih menu mana yang ingin dipilih. Misal kita pilih kuis yang akan menampilkan nilai pada akhir, kita pilih Scored Quiz.


Selanjutnya kita dihadapkan pada pilihan beberapa menu, kita akan membuat kuis itu seperti apa. Kita akan membuat kuis opsional, essai, atau seperti apa, tinggal pilih saja di menu yang disediakan. Sorot menu tersebut, nantinya akan muncul draft model soal. Misal kita pilih Multiple Choice. 



Kita akn dibawa pada tampilan berikut, kita masukkan soal yang akan kita sajikan pada kolom yang paling luas. Lalu, dibawah kolom tersebut terdapat empat kolom kecil yang merupakan kolom opsional dari soal. Dan disebelah kiri kolom kecil, terdapat opsional lagi, kita pilih satu kolom yang merupakan jawaban dari soal tersebut, dan kita tandai dengan memberikan tanda pada jawaban yang benar. Seperti kunci jawaban. Jika sudah, pilih save.
Di bagian ini, kita juga bisa membuat tipe huruf, tebal, tipis, miring, serta kita bisa melampirkan foto, vidio, link, dan lain-lain.


Setelah klik save, berikut adalah tampilannya.
Tentu kita tidak memberikan hanya satu opsional, bukan? Untuk menambah soal lagi, kita pilih menu multiple choise, seperti langkaah sebelumnya.


Kita tuliskan kembali soal-soal yang akan disajikan, jangan lupa untuk memberikan opsional soal. Jika sudah, pilih save.


Berikut adalah tampilan "draft" soal yang telah kita buat. Disini kita juga bisa meng-edit soal yang mungkin ada yang salah. Dengan cara, sorot soal yang akan diedit, lalu pilih edit. Proses pengeditan sama seperti saat kita menulisakan soal, seperti langkah sebelumnya. Jangan lupa untuk menyimpan hasil pengeditan.

Lalu, kita pilih Done pada menu pojok kanan atas. Dan jika muncul tampilan seperti berikut, pilih ok. 



Selanjutnya kita diminta untuk memberikan nama file yang kita buat tadi, untuk disimpan dan dilihat hasilnya nanti.


Setelah memberikan nama sesuai keinginan, pilih save. Lalu kita akan dibawa pada tampilan berikut. Pilih Done untuk menyimpan perubahan.


Selanjutnya, pilih Preview This Quiz untuk melihat kuis yang telah kita buat tadi.


Pilih Launch Preview Mode untuk menampilkan hasil.

Langkah selanjutny adalah memasukkan nama user yang akan menggunakan soal interaktif tersebut. 
Setelah memasukkan nama, klik Start untuk memulai menjawab soal-soal. 
Setelah menjawab dengan memilih satu opsional yang paling benar. Jika soal yang dijawab benar semua, maka akan menemui tampilan seperti berikut.
Sertifikat berisi nilai yang diperoleh
Hasil jawaban yang dijawab
Lain tampilan jika soal yang dijawab ada yang salah.
Setelah menjawab beberapa soal dan ternyata ada yang salah, berikut tampilan yang muncul.

Sertifikat dan hasil nilai

Hasil jawaban dan pembenaran
Dengan kuis online ini, meskipun jawaban ada yang salah, namun masih dapat dilihat pembenarannya.
Dengan menggunakan aplikasi ini, mungkin akan membantu kita untuk tidak kerepotan lagi dalam membuat soal. Tidak perlu capek untuk mengoreksi, karena akan secara otomatis terkoreksi sendiri. 
Berikut, saya sertakan link kuis interaktif sederhana yang telah saya buat menggunakan proprofs ini : 
http://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=mtgxmzuzoagroq

Jika link diatas dibuka, maka akan muncul tampilan seperti berikut